Cara Jailbreak dan Unlock iPhone 3G


Saturday 13 April 2013

Ketika ingin membeli IPhone ternyata charge bulannaya lumayan mahal, maklum bukan Jepang kalau tidak mahal. Saya berpikir bagaimana caranya mempunyai IPhone tanpa harus bayar layanan bulanan. Ya…satu-satunya cara adalah dengan menjaibreaknya sekaligus mengunlocknya. Walaupun belum pernah melakukan kedua proses tersebut, dengan tekat bulat dan rasa ingin tahu, kubeli iPhone untuk dijailbreak dan diunlock agar bisa saya gunakan.
A. Jailbreak
Jailbreak bisa saya artikan bagaimana kita bisa mereset ulang iPhone yang baru kita beli agar kita bisa mengakses menu standart yang ada pada iPhone. Konsekuensi dari kita melakukan adalah hilangnya garansi dari apple.
Langkah jailbreak :
1.Download file blackra1n.exe dari http://www.blackra1n.com/
Pilih file yang didownload dengan jenis OS yang anda gunakan yaitu windows atau mac.
2.Sambungkan kabel USB atau power charge kabel IPhone ke PC/labtop
Pada proses ini, IPhone bisa menggunakan SIM card ataupun tidak. Nyalakan power IPhone.

3.Eksekusi file blackra1n.exe
Dengan mengdoble klik file blackra1n.exe, proses eksekusi terjadi dan tekan “make it ra1n”, selanjutnya tunggu sampai proses selesai. Proses ini tidak butuh waktu yang lama. Setelah selesai, reset power iPhone dan lepas kabel USB dari PC/labtop.

4.Nyalakan kembali power IPhone shg menu standart iPhone tampak springboard IPhone dan terdapat menu/file blackra1n.exe dalam layar iPhone.

Demikian proses jailbreak sukses dan selesai.
B. Unlock
Pada dasarnya unlock IPhone bisa diartikan cara agar bermacam jenis SIM card bisa digunakan sekaligus untuk membuka aplikasi IPhone sehingga bisa diakses menu applikasinya. Untuk mengunlock iPhone, langkahnya :
1. IPhone harus terkoneksi dengan jaringan internet.
Untuk memastikan caranya adalah :
Pilih menu Setting, Wi-Fi, pilih ON, pilih salah satu network yang terdetaksi, tekan symbol gembok dan masukkan password. Bila sudah terkoneksi maka dibagian atas akan terlihat signal wifi.
2. Install Snow
Langkahnya :
a. Klik/tekan/pilih blackbra1n.exe pada iPhone.

b. Pilih Snow dan tekan install
3. Instal Cydia
Pilih Cydia dan install.

4. Unistall blackra1n.exe

Sebenarnya ini adalah optional, bila tidak perlu untuk jailbraik lagi sebaiknya file ini diuninstall tetapi bila tidak diuninstall juga tidak masalah. Dan tampilan pada springboard seperti berikut :

C. Itunes
Itunes adalah software applikasi yang dibuat oleh apple sebagai penghubung antara iPhone dengan pihak apple sekaligus juga sebagai pintu masuknyanya file dari luar kedalam IPhone. Langkah selanjutnya agar IPhone bisa digunakan :
1. Download Itunes.exe di http://www.apple.com/itunes/download/
2. Install Itunes pada PC/labtop dan setelah selesai, PC/labtop direstart.
3. Hubungkan kabel USB IPhone dengan PC/labtop.
4. Buka aplikasi Itunes, dan selanjutnya buat account ID Itunes sehingga Anda bisa download applikasi baik yang gratis (misal fecebook, skype, YM, dictionary dll) maupun yang harus beli. Kalau ingin yang gratisan, bisa dicari file-file application di torrent.

5. Setelah mendownload applikasi, bisa langsung diinstalkan ke IPhone.

6. Kalau hanya untuk mentransfer gambar, video ataupun music, tidak harus Itunes dalam keadaan online. Misal ingin mentransfer folder lagu dari labtop ke IPhone, maka bisa dilakukan dalam keadaan Itunes offline.

2 comments:

PhoneSolution © 2012 ·