Cara Memperbaiki Android Yang Boot Loop


Wednesday 20 November 2013

  • Bila handphone Android tidak dapat start atau hanya berhenti di logo saja (biasa disebut boot loop Android). Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, misalnya akibat ada aplikasi yang error atau baru saja menginstall aplikasi yang tidak kompatibel dengan tipe handphone (dalam banyak kasus, setelah menginstall font changer).
  • Bila handphone Android dapat dinyalakan, namun tidak mau merespon input dari pengguna, misalnya layar tidak mau disentuh atau tidak dapat masuk ke menu.
  • Bila Anda lupa password atau Anda terlalu banyak melakukan percobaan menggambar pola (pattern) pengunci ponsel Android yang menyebabkan Anda tidak dapat masuk ke menu.
  • Kerusakan-kerusakan software Android lainnya.
Untuk melakukan Factory Reset via Recovery Mode secara garis besar dapat dilakukan dengan dua langkah mudah berikut. Namun sebelumnya, Do With Your Own Risk (DWYOR) atau Resiko Ditanggung Sendiri.

Berikut Cara Melakukan Factory Reset Android:


Tahap 1: Masuk ke Recovery Mode
Untuk dapat masuk ke recovery mode Android, Anda harus mematikan dulu handphone/tabletnya 
→ tekan dan tahan beberapa tombol Android secara bersamaan (misalnya tombol vol Up + Vol Down + power secara bersamaan)  Anda akan masuk ke dalam Recovery Mode.
Cara masuk recovery mode (tombol yang harus ditekan)  bisa berbeda-beda antara satu tipe handphone dengan tipe lainnya.
Recovery Mode tampilannya hanya berupa tulisan. Dan didalam recovery mode,  pada umumnya Anda tidak dapat menggunakan layar sentuhnya, jadi untuk navigasi naik dan turun, biasanya menggunakan tombol volume (tergantung tipe handphone).


Berikut contoh tampilan recovery mode Android:

Tahap 2: Lakukan Wipe Data / Factory Reset
Setelah berhasil masuk ke recovery mode, yang Anda harus lakukan tinggal memilih fitur “Wipe Data / Factory Reset” setelah itu restart handphone Anda.


Agar Anda tidak bingung, berikut contoh cara melakukan factory reset pada handphone Android Samsung Galaxy Young:
  • Pastikan baterai masih cukup banyak (minimal 70%).
  • Matikan handphone.
  • Tekan dan tahan tombol Volume Up + tombol HOME + tombol Power secara bersamaan selama beberapa detik. Anda akan masuk ke recovery mode Android.
  • Dengan menggunakan tombol Volume, arahkan kursor hingga berada di tulisan “wipe data / factory reset”
  • Tekan tombol HOME untuk memulai proses > harap sabar saat proses berlangsung
  • Restart handphone.
Jadi, bila Anda mengalami boot loop pada handphone Android atau Anda lupa akan kata sandi atau pengunci pola handphone Android, yang perlu Anda lakukan hanyalah masuk ke recovery mode  lakukan Factory Reset / Wipe data. Sekarang yang menjadi masalah adalah banyak orang yang tidak mengetahui cara masuk recovery mode handphone/tablet Android miliknya, karena caranya berbeda-beda.

0 comments:

PhoneSolution © 2012 ·