Cara Membackup StockROM lewat MTK Droid Tool


Sunday 2 November 2014

Hal ini sebaiknya dilakukan sebelum Agan-agan mulai mengoprek HH. Tapi kalo udah terlanjur dioprek pun ga apa, silahkan aja asalkan kondisi HH sudah pake StockROM lagi.
Begini caranya:
1. Driver HH sudah terinstall di PC/Laptop. Kalo bingung caranya, lihat tutorial cara install driver IMO S89.
2. Unduh MTKDT
3. Ekstrak hasil unduhan dengan cara men-double click file hasil unduhan tersebut.
4. Buka folder hasil ektraksi --> Jalankan file "MTKdroidTools.exe"


5. Aktifkan USB Debugging di HH
6. Hubungkan HH (kondisi ON) ke PC/Laptop --> tunggu sampai HH terdeteksi. Jika sudah terdeteksi, akan muncul nama HH di MTKDT seperti di gambar ini:


Jika sudah ditunggu lama namun tidak muncul juga nama HH kita, artinya drivernya belum terinstall. Ulangi langkah nomor 1.
7. Lihat kotak di pojok kiri bawah. Jika berwarna hijau, artinya HH kita sudah bisa "diutak-atik". Jika belum hijau --> Klik tombol "ROOT" --> biarkan prosesnya berjalan.


9. Buka tab "Root, Backup, Recovery" --> Ada checkbox "Backup userdata dan cache" untuk menentukan apakah userdata mau di backup juga atau tidak. Hal ini terserah Agan-agan.  


10. Klik tombol "Backup" --> tunggu sampai prosesnya selesai (proses berjalan agak lama, tergantung kemampuan PC/laptop Agan-agan).


11. Saat proses selesai, akan muncul peringatan "Packing Backup? (apakah file hasil backup-an mau dibuat ZIP atau tidak?)" --> ini terserah Agan-agan. Kalo aye sih ndak di-Zip karena kita akan berlanjut ke step berikutnya.
12. Hasil backup-an akan tersimpan di subfolder "backup/IMO-S89_blablabla" yang ada di dalam folder MTK Droid Tool. Di samping itu juga ada file backup-an di dalam SDCard HH di folder Backup (tapi ndak usah pakai yang ini, pakai saja yang ada di PC/laptop).
13. Tetap buka MTKDT --> masih di tab "Root, Backup, Recovery" --> Klik tombol "To prepare blocks for Flash Tool" -->  


jendela Browse akan terbuka --> cari file "files.md5" yang ada di subfolder "backup/IMO-S89_blablabla" tadi --> Biarkan prosesnya berjalan sampai selesai.
14. MTKDT akan membuat folder baru yaitu "!Files_to_FlashTool" berisi file-file yang dapat dipakai untuk melakukan flash ulang ke StockROM menggunakan SP Flash Tool. Simpan folder ini baik-baik agar dapat digunakan jika sewaktu-waktu HH ente ngalamin Bootloop, nge-brick, atau gangguan lainnya.


Credit : Kaskus


0 comments:

PhoneSolution © 2012 ·